Minggu, 05 Oktober 2008

JALANJALAN KE NEGERI LANGIT : CANDI GEDONG SONGO

Kamis 2/10/2008
Lebaran tahun ini benar-benar berkesan buat saya, lebaran kali ini saya berhasil keluar dari Kota Bekasi untuk pergi liburan lebaran sekalian silaturahmi dengan keluarga besar kami lainnya yang berdomisili disemarang. Sebenarnya saya ini orang padang, tapi mudik kali ini saya pergi kekampung orang, kata rekan-rekan saya "ngapain sih pulang kesemarang, bikin macet orang mudik aja.." hehehe, orang padang bikin macet oang jawa yang mudik aja...

Dalam perjalanan "mudik" saya kali ini ada satu hal yang tidak bisa saya lupakan, yakni ketika kami sekeluarga diajak ke objek wisata Gedong songo, sebenarnya pertama diajak rada-rada males juga, pikiran saya juga paling candi kecil biasa kayak disekitar prambanan. Tak lama kemudian kami berangkat, kesan yang saya tangkap ketika memulai perjalanan yang mendaki turun naik gunung, keluar masuk hutan dan desa-desa yang benar-benar masih "perawan" (itu menurut saya). kalo ga salah waktu itu saya melewati daerah gunung pati, bajo, gunung ungaran, dll.

Pas saya sampai disana sekitar jam 13.00, cuma kekaguman dan kata-kata "woww.....buagguus bener...".

jadi begini saya ceritain aja, itu candi ada 9 unit, masing-masing unit terpisah dimasing-masing bukit. dari candi 1 ke candi 2 harus mendaki gunung dulu lewatin tangga atau juga bisa naik kuda dengan mencarternya keliling dari candi 1 sampai candi 9 Rp.50.000,-, lumayan murah. tapi waktu itu saya jalan kaki aja, karena ingin menikmati lebih khusyuk lagi pemandangan dan alam pegunungan disana. Berjalan kaki mengitari semua candi dan pemandian air panas belerang kurang lebih 2,5 jam, tapi kalo mau lebih cepat lagi bisa naik kuda Rp.50.000,- all in. Ini resume selengkapnya yang tertarik ingin pergi kesana :


- Candi gedong Songo
- Terletak diwilayah bandungan - Ambarawa
- Dari semarang bisa naik bis ke bandungan
- Tiket masuk Rp. 3500,-
- kalau mau ga capek keliling candi bisa carter kuda Rp.50.000,-
- Jangan lupa siapin baju tebal, karena disini dingin abis.
- Jangan lupa cicipin sate kelinci makanan khas sini.
- Soal makan, jangan khawatir makanan disini harganya murah, ga mark up.

Selamat jalan-jalan!!

















Sumber air panas terlihat dari candi 3


















Tim Jalan - Jalan ...


















Sumber air panas direkahan bumi - gedong songo





























4 komentar:

Manager mengatakan...

Lumayan...

dani mengatakan...

Nice story bro :) Thanks buat pengalamannya. Tapi lebih cantik tuh kalau penempatan fotonya nggak numpuk seperti itu.

Anonim mengatakan...

Tapi...kalo ke bandungan tidak bawa oleh-oleh sih sama aja bohong....
di Bandungan ada banyak cindramata yang unik dan menarik...Anda bisa pilih sendiri apa yang menarik untuk bawa oleh-oleh
Di Bandungan ada satu cindramata yang yang boleh ditinggal yaitu T-shirt asli khas Bandungan..Namanya KLENGKENG....Sesuai daerahnya penghasil klengkeng....
Coba aja deh klo laen kali brkunjung di Bandungan cari aja tu T-shirt KLENGKENG....dijaman lebih sempurna kunjungan ANda.............

Anonim mengatakan...

Tapi...kalo ke bandungan tidak bawa oleh-oleh sih sama aja bohong....
di Bandungan ada banyak cindramata yang unik dan menarik...Anda bisa pilih sendiri apa yang menarik untuk bawa oleh-oleh
Di Bandungan ada satu cindramata yang yang boleh ditinggal yaitu T-shirt asli khas Bandungan..Namanya KLENGKENG....Sesuai daerahnya penghasil klengkeng....
Coba aja deh klo laen kali brkunjung di Bandungan cari aja tu T-shirt KLENGKENG....dijaman lebih sempurna kunjungan ANda.............